Rabu, 07 Agustus 2013

Kolesterol Baik atau Jahat sih???

Kolesterol adalah lemak yang beredar dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol karena membangun sel-sel tubuh, menghasilkan estrogen dan hormon lainnya.
Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL : High Density Lipoprotein) dan kolesterol jahat (LDL : low-density lipoprotein).

HDL bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi asam empedu dan vitamin D, juga membangun struktur tertentu dari sel tubuh. Kolesterol baik sangat penting untuk menyingkirkan LDL yang dapat mengancam jantung karena menimbulkan plak pada arteri/pembuluh darah. Plak pada arteri (Arterisklerosis) merupakan faktor pencetus penyakit kolesterol dan penyakit lainnya seperti angina (nyeri dada yang hebat), stroke dan jantung koroner.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kolesterol baik yaitu :

  1. Mengubah pola makan. Jauhi gula dan makan lebih banyak lemak sehat seperti alpukat, salmon dan kenari. Pastikan untuk mencari makanan yang tinggi lemak tak jenuh tunggal untuk meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh.
  2. Olahraga juga dapat membantu Anda meningkatkan HDL dalam tubuh. Berjalan selama minimal 30 menit sehari. Ini saja dapat meningkatkan kolesterol baik oleh hampir 10%. Menjaga berat badan dapat membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol total, serta meningkatkan kolesterol HDL.
  3. Kurangi rokok, karena merokok dianggap sebagai kebiasaan buruk dan memiliki banyak efek negatif pada tubuh. Mulailah gaya hidup sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan kolesterol jahat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar